Besi Beton

Deskripsi dan Fungsi Besi Beton

 

Besi Beton adalah besi baja yang dipergunakan untuk struktur penulangan pada konstruksi bangunan dengan pengecoran semen sehingga struktur bangunan menjadi lebih kuat. Besi beton berpenampang bulat dan panjang berbahan dasar baja. Bentuk yang paling sering dipergunakan di Indonesia adalah berbentuk polos dan ulir saja. Bentuk ulir tersebut ada di bagian sepanjang tubuh dari besi beton tersebut. 

 

Beton atau coran semen memiliki kekuatan tekanan yang tinggi akan tetapi memiliki kekuatan tarik atau tensile yang rendah. Besi Beton dipergunakan untuk memperkuat struktur beton sebagai tulang atau rangka sehingga kekuatannya menjadi baik sebagai struktur rangka konstruksi. Selain itu, fungsi besi beton juga dipakai dalam  pembangunan pondasi tapak, dinding, basement, tiang tumpuan jembatan, bangunan, dan sebagainya. 

 

Spesifikasi dan Ukuran Besi Beton

  • Besi beton memiliki spesifikasi SNI atau Standar Nasional Indonesia yaitu BJTP untuk polos dan BJTS untuk ulir.
  • BJTP adalah baja tulangan beton polos sedangkan BJTS yaitu baja tulangan beton sirip dengan standar yang beredar adalah BJTS 280 dan BJTS 420.
  • Besi Beton dengan kualitas SNI memiliki toleransi standar deviasi sebesar 0.1 mm sampai 0.5 mm
  • Panjang standar yang beredar di Indonesia adalah 6 meter , 9 meter, dan12 meter.
  • Ukuran diameter yang tersedia untuk besi beton polos adalah 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm.
  • Ukuran diameter untuk besi beton ulir adalah 12 mm, 13 mm, 16 mm, 19 mm, 22 mm, dan 25 mm.

Harga Besi Beton 2023:

Harga Besi Beton Polos dan Besi Beton Ulir adalah tergantung tipe, ukuran diameter, dan panjangnya. Tipe yang umum tersedia adalah ukuran 6mm, 8mm, 10mm, 12mm untuk polos dan ulir BJTS 280 ukuran 12mm, 13mm, 16mm, 19mm, 22mm, dan 25mm.

Anda dapat menanyakan ketersedian barang dan harga kepada admin kami untuk mendapatkan penawaran yang terbaik dengan mengklik tombol Order Sekarang.